Thursday, April 8, 2010

Shocking Thailand [1]


Setelah melalui perdebatan cukup panjang dan beberapa kali pergantian personil layaknya sebuah grup band, saya dan keenam orang teman, akhirnya berhasil menjejakkan kaki di tanah Phuket-Thailand.

ini merupakan pengalaman pertama saya ke sana. pengalaman pertama pula backpacking ke luar negeri.

berbekal Tiket Promo Air Asia rute Jakarta-Phuket yang telah di-booked sejak November 2009 untuk periode keberangkatan Januari-April 2010 (seharga +/- Rp.700.000), saya dan teman-teman mengambil perjalanan selama 5 hari yaitu tanggal 2-6 April 2010.

Rencana awal, kami akan mengunjungi Bangkok, tapi karena jaraknya dari Phuket lebih kurang 12 jam (dengan transportasi Darat). dan artinya 24 jam untuk alokasi waktu Phuket-Bangkok PP, maka kami memutuskan tidak jadi ke sana. Hal ini cukup disayangkan, tapi mengingat rute pesawat kami adalah Jakarta-Phuket (bukan Jakarta-Bangkok) dan pada hari ke-5 kami memiliki penerbangan pagi, maka kami tidak terlalu memaksakan trip ke Bangkok. mungkin Backpacking selanjutnya, bisa mengunjungi Bangkok dan Pattaya.

Jadi, backpacking kali ini, hanya difokuskan pada Phuket dan Sekitarnya.

[11.20 AM - 02.10 PM, April 2, 2010]
Penerbangan Jakarta-Phuket berjalan mulus. mulai dari pemeriksaan paspor, NPWP, tiket, kecuali 1 botol parfum milik teman saya, yang volume-nya lebih dari 100 mL akhirnya terpaksa ditahan. alasannya mungkin khawatir akan tumpah dan mengotori barang penumpang lainnya.

kalaupun ingin barang-barang seperti Parfum, Sabun, Body Cream, dll, sebaiknya bawa yang berukuran kurang dari 100 mL dan di-packing jadi satu dan rapi. dijamin lolos pemeriksaan! :)


[04.00 PM, April 2, 2010]
Akhirnya tiba di Patong Beach. tempat pertama yang kami pilih sebagai tempat menginap. hal ini didasarkan pada berbagai Catatan Perjalanan orang-orang yang mengatakan bahwa Patong Beach merupakan tempat paling ramai di daerah Phuket.

Dari Phuket International Airport menuju Patong Beach, kami dijemput oleh Jasa Tour. ini merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh JC Tour karena kami mengambil 2 Tour sekaligus, yaitu James Bond Island Tour dan Phi-phi Island Tour.

Alasan kami mengambil layanan Tour tentu saja menghemat waktu, karena total waktu kami berada di Phuket sebenarnya hanya 3,5 hari (sudah minus waktu perjalanan). Lagipula harga Tour yang kami peroleh cukup reliable.

Awalnya, harga yang ditawarkan untuk 2 Tour tersebut adalah 5600 THB. lalu karena booked sebelum 31 Maret, harganya menjadi 3400 THB. tetapi karena kami melakukan kontak awal melalui telepon dan email (bisa diliat di-webnya), akhirnya kami mendapatkan harga 1300 THB untuk James Bond Island. dan 1400 THB untuk Phi-phi Island. dengan fasilitas: transport Hotel-Airport PP, Hotel-Pelabuhan PP, dan semua aktivitas rangkaian Tour.

See? cukup worth kan untuk mengambil jasa layanan Tour ini? lalu, bagaimana layanan yang kami dapatkan? bagus atau tidak? sabar... nanti saya akan ceritakan! :)

The Minotel Hotel adalah hotel pertama yang kami tempati. letaknya di 19 Sawasdirak Road, Patong Beach. Harga stay semalam adalah 1000 THB/room (booked via internet). dan kalau menambah extra bed dihargai 300 THB/1 extra bed. tempatnya nyaman dan tidak bising. dekat dengan Pantai Patong dan Bangla Road (Pusat Keramaian Patong Beach). dekat pula dengan Family Mart dan 7-Eleven jika sewaktu-waktu butuh Pop Mie, Hot Coffee, dll.


atau perlu Sim Card baru? supaya roaming gak ngos-ngosan? silahkan cari di 7-Eleven juga. harga simcard baru 50 THB dan voucher 50 THB untuk online sepuasnya selama 24 jam. liburan jalan terus, eksis tetap bisa :)


dan ini jalan menuju Pantai Patong




sedangkan ini, saya di Pantai Patong. (maaf, agak narsis dikit) :p









Plis. jangan tertipu fotonya. kami berdua masih menyukai laki-laki!

Hiruk pikuk patong Beach mirip sekali dengan Pantai Kuta-Bali. banyak turis yang berlalu lalang, hanya saja, Patong Beach memiliki garis pantai yang lebih panjang dari Pantai Kuta. dan pantainya jauh lebih bersih. tidak nampak sampah atau kotoran anjing yang berceceran.

puas berenang kala sore itu, kami kembali ke hotel untuk bersih-bersih dan menikmati ramainya kehidupan malam Patong Beach - Bangla Road.





sekali lagi. Phuket tidak mengubah orientasi kami kok. ini hanya pose foto saja.

Sepanjang jalan Bangla Road, terdapat pub-pub yang biasa disinggahi oleh para turis untuk bercengkrama sambil menikmati Beer. di perempatan Bangla Road, ada 1 mobil bak terbuka yang menawarkan aksi Thai Boxing-olahraga asli Thailand.


dan untuk yang penasaran dengan Striptease Show, di sepanjang Bangla Road ini banyak yang menawarkan loh. tapi karena saya dan teman berjilbab, kami lantas tidak ditawari. sedangkan teman laki-laki yang lain, sepertinya ditawari namun tidak tertarik. atau malu dengan kami? entahlah. :p

dan satu lagi, banyak waria yang berkeliaran! benar-benar tidak kalah cantik dengan wanita asli. sampai-sampai kami sendiri bingung membedakannya.

untuk Kulinernya, sebenarnya tidak cukup susah. banyak seafood dimana-mana. sayangnya, masak seafood ini menggunakan wajan yang sama dengan merebus/menggoreng daging Babi. walhasil, untuk hari pertama di Phuket, saya makan Sate Ayam dengan bumbu yang luar biasa asem dan asin. Tidak cocok lah di lidah saya.


Harga makanan di Patong Beach termasuk murah. sate ayam yang saya pesan seharga 100 THB. minumannya saya pilih Soda dengan harga 20 THB. untuk makanan lain, misal: Mie Goreng Seafood seharga 40 THB. Nasi Goreng Seafood seharga 80 THB.

dan setelah kenyang menyantap makan malam. dan jalan-jalan memutari Bangla Road, Patong Beach sampai kembali ke Sawasdirak Road, akhirnya kami kembali ke hotel sekitar pukul 11.30 Malam. memutuskan untuk istirahat, karena esoknya kami akan dijemput jam 7.45 pagi untuk James Bond Island.


[to be continued]


P.S.:
Photos by Damar Wibowo, Thomas Budiman Syah, Aditya Singgih, Listiyani Purwitasari, Bambang Setiawan and Me :)

11 komentar:

Desfirawita said...

Duuh...jadi kepengen jalan-jalan juga... :(

listiyani said...

laiiikk diiisss lah cyiiiin..
muka eike nampang juga dimari,,hihi..tenkyuuu..

ternyata minotel123, 7eleven, familymart ngangenin juga yah buk.. omigoooooddd..

Damar Wibowo said...

ahahahaa mabtabbs cyiinn..ada poto2 saya mangkal disini euy hihihiih..

miwwa said...

pengen!!! huwaaaa.... #telponandie #ajakbackpakingankebangkinang #jaraksatujamperjalanandaripekanbaru #backpakingmacamapaitu??

neyy said...

huwaaaa mauuuu

QueeniieAngeLa said...

@desfirawita,, hahaha. haayyyuuukkkk. never ending jalan2 pokoknya!! go backpacking! :)

@bu ithaq,, bang bowo,, emang ya, selain tempatnya keren, pengalamannya berkesan, harus disertai juga dengan orang-orang yg asyik! ahhh sukaaaa dehhh!! :)

@miwwa,, ayo ayo! siap2 badan sehat, nabung banyak2, bekal peta plus info2 tempat backpacking, habis itu cap cus dah. hajjaaarrrr!! :)

@ney,, yup yup! kapan2 aku ajak ya kalau backpacking lagi :)

tuannicogarukgarukpala said...

wahseru nya...

itu yang poto tuLisan patong beach nya kereeenn.. uwaw..

asik ni di share cerita nya..

ad tuh temen kita yang ke vietnam tapi ga share cerita di bLog. huh. *apadeh* :D

Aditya said...

Tulisannya Mantabh cyyynnn.... nyebut2 seven eleven jadi inget, kita kayak turis bego nungguin air panas,mana gw telanjang DADA pulaaak.... Masuk 7-11, Kalo di Indo udah dituntut PORNO aksi Pastinya haahahha...

QueeniieAngeLa said...

@tuannico,, sapa atuh yang ke Vietnam kagak cerita2? wah sayang sekali, padahal dari Catatan Perjalanan orang-orang itu, banyak menimba pengalaman "Do and Don't". pengalaman2 itu pula yang akhirnya bikin aku dan teman2 punya pertimbangan waktu mau backpacking ke phuket. oke deh tuan, semoga kita bisa backpacking bareng! :)

@adit,, wuakakakkaka. iya ya. berasa bego banget nungguin air panas kayak orang bego. padahal habis berendam air pantai. no wonder habis itu gw ngemil Tolak Angin!! hahahahaha

Khairil said...

wah2....
dah jalan2...gak ngajak2....itaq maritaq ikut juga, good news..tetap kompak ya...
dalam rangka liburan aja?wah salut ampe ke negeri siam....

captoel said...

makin jauh kaki melangkah, makin banyak pelajaran kehidupan yang direguk...