Wednesday, December 2, 2009

Saya bernama Abdi


sudah hampir setahun lamanya saya berada di sini. di suatu tempat milik Pemerintah yang didekasikan untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

rasa syukur pastinya tidak lupa saya sampaikan, karena sebagai Abdi Negara yang lebih akrab dengan kesan "tanpa kerjaan", saya di sini masih bisa melalui tiap waktunya dengan punya banyak pekerjaan. baik pekerjaan "formil" maupun "tidak formil".

tidak formil di sini bukan berarti ilegal yah! tapi lebih kepada "pengkayaan" akan ilmu pengetahuan.

ya. kesukaan saya untuk mengubek-ubek web-web sains dengan segala macam jurnal ataupun penemuan baru tentunya akan terus memberikan inspirasi agar tetap dinamis dalam berkarya. terlebih lagi karena saya menyandang nama lembaga yang berembel-embelkan "Ilmu Pengetahuan dan Teknologi", malu rasanya jika saya harus stagnan.

yup. malu!

rasa ini juga yang masih melekat dalam diri saya. dengan waktu yang hampir menginjak setahun ini, jika ditelisik lebih jauh, saya belum memberikan suatu gebrakan yang fantastis. bukan hanya demi prestise nama besar lembaga semata, tapi tentunya untuk seluruh kalangan, terutama rakyat Indonesia yang selama ini telah ikut "membiayai" gaji saya. terlebih lagi untuk masa mendatang, lembaga saya (jika jadi) akan menetapkan Reformasi Birokrasi, yaitu suatu kebijakan Pemerintah yang mengkondisikan agar organisasi di lembaga dapat memberikan layanan primanya yang sesuai dengan visi dan misinya, dengan lebih terarah dan lebih ketat pengawasannya.

satu hal yang pasti, kondisi ini diharapkan akan semakin memacu setiap pegawai untuk taat pada peraturan. baik yang berhubungan dengan jadwal kantor (yang biasanya sering terjadi pada abdi negara, hanya absen datang dan pulang, lalu kabur entah kemana. semoga kali ini tidak ada lagi. amin), kinerja yang baik (dibuktikan dengan penelitian dan aplikasinya), serta efektifitas dalam penggunaan sumber daya kantor.

karena dengan sistem yang baru ini, kami akan diajarkan "asas keadilan", what you get is what you pay. ketika bekerja sesuai dengan aturan, maka reward yang diberikan juga akan sebanding. jika tidak sesuai aturan, maka hukuman akan berlaku. jadi, bukan lagi seperti sekarang "pintar-gak pintar, rajin-gak rajin, perlakuan sama".

hmm... semoga saja Reformasi Birokrasi nanti, mampu menambah semangat saya untuk selalu menang melawan virus yang bernama "malas" atau "jenuh" dalam melakukan penelitian-penelitian. dan semoga saya juga masih bisa berkarya lebih baik lagi. mumpung saya masih "muda" dan mumpung otak saya masih mau diajak untuk berpusing-pusing ria untuk berpikir njelimet. dan satu lagi! mumpung saya belum berkeluarga, jadi saya bisa fokus mati-matian di penelitian. hehehe.

oya, rencananya esok hari, akan ada medical check up untuk saya. ritual yang menandai satu tahun saya bekerja di sini.

hmm... agak was-was juga sih, karena akhir-akhir ini pola makan saya sedikit membabi buta gara-gara keinginan saya untuk menambah berat badan yang semakin menggila.

hampir semua jenis makanan sepertinya masuk tanpa filtrasi terlebih dulu. dan semoga puasa selama 12 jam sebelum melakukan medical check up besok, bisa "menghilangkan" bekas makanan aneh-aneh saya kemarin. tolong Tuhan luluskan saya di medical check up nanti. amin.

okey!

selamat bekerja teman-teman.

selamat berkarya dengan porsimu masing-masing.

selamat mengemban amanah.

dan selamat menikmati hidup.

karena sesungguhnya, sekecil apapun bakat, kesempatan, atau jenis pekerjaan yang ada, semuanya adalah rangkaian amanah dariNYA, yang tentunya kita akan selalu terikat tanggung jawab moril padaNYA.

dan selalu mensyukurinya, akan membuat kita semakin kaya!


-salam hangat-
Queeniie Angela


10 komentar:

Arema said...

mbak ini kerjanya di bidang apa mbak? saya salut nih sama mbak, yang sadar bahwa gajinya dibayar oleh pajak rakyat dan merasa punya tanggungjawab atas gaji itu. semoga orang-orang seperti mbak makin mendominasi di sektor pemerintahan

ferdivolutions said...

gagal pertamax aku neh...huhuhu

ferdivolutions said...

udah setahun ne yeee...
semoga betah deh kerjanya...
ga sabaran deh pengen tamat cpt2, dan kerja kayak ne2k.
traktir donk nek... ah nenek pelit ih... :P

WhiteEye said...

tumben posting soal kerjaan, buk. bagus kok :)

setaon cepet ya. tapi yg gw bingung, udah hampir setaon di sini kok gw blom juga "cinta" sama kerjaan gw ya? seolah-olah gw dateng ke kantor, kerja, pulang, itu sekedar rutinitas. gak ada soul-nya gitu. hmmmm. #PNSkurangajar

btw, klo bukan karena gosip remun januari, gw mungkin sekarang udah bunuh diri di kantor. gara2 koneksi yg frustrating!!!! #jambakrambutsendiri


wah, gw numpang curcol dah!

P.S. gw gak punya openID atopun blogspot. klo pake Google acc, gw ga bisa ninggal link tumblr gw di sini. -_-

P.S.S. jangan lupa sore ini kita belanja keperluan rumahtangga.

P.S.S.S. salam kenal buat Arema dan ferdivolutions :)

Bandit Pangaratto™ said...

yapp...
mari membangun bangsa kita...!


Semoga reformasi birokrasinya sukses...
seperti yg sudah dilakukan departemen lain, salah satunya DEPKEU dengan reformasi birokrasi perpajakannya..


Salam sesama anak bangsa...

Lina said...

yup, ada banyak harapan untuk menjadi lebih baik seiring dengan reformasi birokrasi.
semoga semangat dan idealisme seperti ini menulari abdi negara yang lain, dan kita bisa bersama-sama bangkit membangun demi kemajuan bangsa.

semangat !!! i love it...

Pohonku Sepi Sendiri said...

'selalu mensyukuri, akan membuat kita semakin kaya'
nice quotes, mbake.. :)

Andie Gokil said...

hehe. tumben bukan cinta-cintaan. hehehe. :p -- sukses buat kerjaannya ya nek.

mira said...

*berpikir keras mau komen apa*
*masih berpikir*
*berpikir*
*berpikir*
selamat bekerja ya mbak. #ahem

QueeniieAngeLa said...

@Arema, Bandit Pangaratto, Lina,, selamat berkarya teman-teman! selamat menjaga semangat untuk terus mengabdi. apapun itu bentuk dan tanggung jawabnya! :)

@ferdi,, hayuk sini ke jakarta! ntar nenek traktir. hahahah. btw selamat kuliah. selamat cepat2 lulus yak! :)

@White Eye,, tetap semangat pak! apalagi jadi WP Leader kan? lumayan tuh kerjaannya numpuk! jadi kita gak magabut! hehehe. enjoy it! :)

@pohon,, haluuuuu. apa kabar? sori yah lama gak mampir tempatmu... :(

@andie,, makasiihh ya...

@mira,, whuaaaa!!! ada miwwa di sini! makasih udah mampir... hihihihi