Wednesday, November 4, 2009

Keluarga Baru


Siang itu, kami sedang meeting dengan salah satu “Big Boss” empu-nya kantor ini. Anggota yang hadir dalam formasi team yang lengkap. Big Boss yang akhirnya kami menyebutnya dengan sebutan “Babe” itu tampak sibuk marah-marah dalam bahasa Inggris ber-aksen Jepang. Beliau marah karena kami menurutnya sudah bertindak terlalu jauh dalam pelaksanaan project ini. Tidak step by step seperti harapannya.

Yah, maklumlah, kami adalah segerombolan anak muda yang memang terkadang tidak pernah sabar jika harus berdiam diri dalam waktu yang cukup lama.


Asal mula kantor ini bisa dikatakan sebagai sebuah project hasil kerjasama antara kampus kami dengan DIKTI, JICA (Japan International Cooperation Agency), dan Kyushu University.
Tujuan utamanya adalah sebagai mediator dalam aplikasi berbagai penelitian yang telah berkembang di kampus yang pada umumnya masih bersifat sporadis.

Yup. Disadari atau tidak, jika kita melihat ke dalam setiap fakultas hingga ke jurusan atau program studinya, sudah pasti akan ditemukan banyak penelitian yang sayang sekali jika hanya mengendap sebatas Lomba Karya Ilmiah atau proyek hibah lainnya. Dengan terbentuknya
project ini, diharapkan akan dapat memberikan media aplikasi dari penelitian tersebut, entah dengan jalan diaplikasikan melalui kerjasama antara Pemerintah Daerah atau dengan berbagai Industri yang ada. Baik berupa pilot project atau scale-up project.

Tidak mudah memang, karena umur
project ini cukup singkat, kurang lebih 2 tahun lamanya. Padahal, penelitian yang menunggu untuk diaplikasikan sudah berderet-deret jumlahnya. dan begitulah kami, bersama beberapa orang lainnya yang berasal dari background keilmuan berbeda-beda mencoba menjalankan tugas dan kepercayaan tersebut.

Untuk selanjutnya, tiap hari secara otomatis kami bertemu untuk mengkondisikan berbagai hal. melakukan "perjalanan dinas" ke berbagai Pemerintah Daerah, meeting dengan berbagai peneliti, benar-benar pengalaman yang penuh pelajaran, terutama untuk pelajaran
"How to have-a-good-damn-lobby".

Beruntung pula bahwa kami menemukan personil-personil yang solid dan bertanggung jawab, namun juga memiliki semangat humor yang tinggi. sampai-sampai saya memanggil 3 orang "senior" dari team kami dengan sebutan "pakde".

Pernah mereka membuat saya menangis haru, dikarenakan surprise yang mereka berikan.

Yup. Selembar jilbab berwarna kuning gading berhiaskan payet-payet yang berjajar rapi. Cantik.

Walaupun saya sebenarnya curiga kalau ketiga pakde itu bisa tahu persis selera wanita. dan benar, ternyata mereka membelinya dengan ditemani oleh Mbak Wida, salah seorang senior lainnya. hahaha.
spotted it!

Belum lagi cerita lain di dalamnya, pelajaran bahasa Jepang tiap pagi,
morning meeting, e-mail report tiap hari, confrence call yang heboh, birokrasi kampus yang kadang bikin ribet, student internship baru, nggosipin Babe kalau lagi kesel, atau mungkin masuk kantor yang "agak telat" kalau Babe pas lagi pulang ke Jepang. hahahaha. semuanya benar-benar memperkaya kebersamaan kami. hingga akhirnya satu-persatu dari kami harus dengan rela "pergi" dari kantor tersebut.

Adalah saya yang duluan mengambil langkah hengkang, karena pada saat itu saya dihadapkan pada penelitian skripsi yang mengharuskan saya untuk menghabiskan tiap harinya di laboratorium, amat tidak mungkin jika disambi dengan kegiatan lainnya. terlebih lagi saya juga punya tanggung jawab moral yang lebih besar, yaitu janji pada Ayah-Ibu untuk lulus tepat waktu. Sedih? itu sudah pasti. tapi memang hidup adalah pilihan, kan?

dan selanjutnya, satu-persatu juga mengambil langkah yang sama. tentunya dengan berbagai alasan yang menyertainya. Hingga akhirnya
project itu berakhir karena memang sudah harusnya berakhir dan sudah tertunaikan tugasnya.

Kini, setelah satu tahun berselang, para personil yang ada telah lulus dari pendidikannya masing-masing dan telah menghadapi jalan hidup yang berbeda-beda. Ada yang di jakarta sebagai juragan pengembang "Taman Impian Jaya Ancol", ada yang tetap keukeuh mengabdikan dirinya di birokrasi kampus, ada yang menjadi juragan "pertambangan", ada yang bekerja di perusahaan swasta terkenal, ada juga yang melanglang buana hingga ke luar pulau jawa, ada yang menjadi peneliti ^^, dan ada yang akhirnya menikah dengan sesama personil.
Yup. ternyata project ini berhasil menyatukan cinta dari dua insan yang berbeda. Tidak ayal lagi, acara resepsi pernikahan mereka beberapa waktu yang lalu menjadi ajang reuni bagi kami. dan pssstt.... sepertinya ada pasangan lain yang akan menyusul. semoga apa yang telah dibina sekarang bisa berlanjut ke jenjang pernikahan... (ammiinnnnn)


******

dan kali ini, biarkanlah saya sedikit mellow untuk menyatakan bahwa:

"Terimakasih atas ketulusan kalian dalam bersahabat, terimakasih untuk canda tawa yang pernah kita miliki bersama, terimakasih atas perhatian yang besar, terimakasih atas kasih sayang yang terikat, terimakasih karena pernah mengijinkan saya untuk memiliki kalian. Dimanapun kalian berada, semoga Sang Khalik selalu memberikan tuntunanNYA."




7 komentar:

Pohonku Sepi Sendiri said...

hehe.. lama ngga keliatan mbake, gimana kabarnya? ^^
ternyata abis reunian ma 'keluarga' lama.. eh, jangan2 mbake ternyata yg jadi 'pasangan lain yang akan menyusul'..
hahaha.. selamaat yaaa.. :D
*sok tau & biang gosip*

jusGunaGuna said...

Waa.. cocuwit!

=)

Salam Sukses Selalu..

iwal_iwul said...

huaaa....terharuuu....

ceritahesty said...

titis...
i agree..for the best or for the worst..that office has gave us many things; many lesson, training, frinedship, and a very nice family..
I thank God for let me in and meet all of you, so that I have a new family while i supposed to live here alone..hug and kiss

Lina said...

wah, senangnya memiliki keluarga diluar rumah. bisa saling berbagi.

dan pasangan berikutnya adalah.....

QueeniieAngeLa said...

@pohon,, kabar baik pohon. iya nih lagi heboh di kantor dengan berbagai laporan dan penelitian. hehe. btw udah mulai suka gosip nih yah??? #jewer. hahaha.

@jusGunaGuna,, sukses juga ya!

@mbak wulan,, hehehe. nih tissue Mbak... :)

@mbak hesty,, yup! betul itu mbak! tetap semangat menata masa depan! saling mendo'akan ya mbak.. sukses!! :)

@Lina,, selamat menemukan keluarga di luar rumah juga ya!!!

Andie Gokil said...

huaaaaaaaaa...
mbak ngapdet nya ga bilang2....
*nangis darah*

templatenya kereennn abissss.... lebih rapi dari kemariinn..

ehem, yang mau menikah siapa mbak???

ada yang baru di blogku mbak. koment yak. :)